Senin, 19 Juni 2017

Bagaimana Sebenarnya Cara Facebook Memberikan Rekomendasi Teman?

Andalkan informasi kontak di telepon
Facebook Messenger 1 | Ilustrasi

Demi memudahkan para pengguna mereka dalam menemukan teman-teman baru, Facebook menghadirkan sebuah fitur rekomendasi yang bernama “People You May Know”. Dengan algoritma khusus yang mereka buat, fitur tersebut bisa menampilkan akun Facebook milik orang-orang yang mungkin kamu kenal, sehingga kalian bisa saling berteman di media sosial terbesar di dunia tersebut.

Uniknya, algoritma tersebut sepertinya benar-benar sangat canggih, hingga bisa menampilkan akun-akun pengguna yang pemiliknya baru saja kamu temui di dunia nyata. Facebook bahkan bisa menampilkan akun Facebook dari orang yang hanya berkomunikasi dengan kamu lewat email.
Hal itu tentu mengundang pertanyaan, bagaimana sebenarnya Facebook bisa menghadirkan fitur tersebut? Apakah mereka menggunakan data lokasi atau “mengintip” email pengguna mereka untuk melakukannya?
Baru-baru ini, seorang juru bicara Facebook mengungkap rahasia di balik fitur rekomendasi teman yang mereka buat kepada Recode. Mereka menjelaskan kalau Facebook sama sekali tidak menggunakan data lokasi pengguna mereka untuk menghadirkan fitur “People You May Know”. Mereka memang pernah melakukan uji coba untuk menggunakan data lokasi pengguna pada tahun 2015 silam, namun kini mereka telah berhenti melakukannya.
Facebook menyatakan kalau mereka justru mengandalkan informasi yang ada di kontak telepon kamu untuk menampilkan rekomendasi teman, tentunya apabila kamu membagikan kontak tersebut dengan Facebook dan Facebook Messenger. Kontak yang baru kamu tambahkan ke dalam telepon akan punya kemungkinan lebih besar untuk muncul di rekomendasi teman.
Rekomendasi tersebut bahkan bisa muncul meski hanya ada satu pihak yang menyimpan nomor telepon. Artinya, apabila ada orang lain yang menambahkan nomor telepon kamu di kontak telepon mereka, maka ada kemungkinan kalau kamu juga akan mendapati akun Facebook orang tersebut di rekomendasi teman.

Facebook tidak bisa melihat kontak email, tapi …

Sending email on laptop | Photo
Menurut Facebook, mereka sebenarnya tidak bisa melihat data email dari para pengguna mereka. Namun ada beberapa aplikasi email yang secara otomatis menyimpan informasi kontak yang ada di email ke dalam kontak telepon, dan Gmail adalah salah satu di antaranya. Apabila kontak tersebut telah tersimpan di dalam kontak telepon, Facebook pun punya kemampuan untuk memanfaatkannya.
Secara teknis, Facebook sebenarnya bisa melihat setiap data panggilan telepon dan pengiriman pesan di perangkat Android, karena Google memang mengizinkan informasi tersebut untuk dibagikan. Namun Facebook menyatakan kalau mereka tidak menggunakan fungsi tersebut.
Facebook juga menyatakan kalau mereka tidak menggunakan riwayat situs yang kamu buka di web browser dalam memberi rekomendasi teman. Mereka hanya memanfaatkan riwayat tersebut untuk menampilkan iklan yang sesuai. Itulah mengapa kamu tidak akan langsung menerima rekomendasi setelah melihat akun seseorang di LinkedIn misalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar